Apa Itu Waralaba ?

Apa Itu Waralaba ?

Waralaba

Gbr. Waralaba Tahu Kress

Apa itu waralaba ? Akhir-akhir ini banyak berkembang wacana tentang bisnis waralaba atau franchise, banyak bisnis yang memilih cara penjualan dengan cara ini. Dari bisnis kaki lima sampai bisnis dengan modal jumbo. Hal ini tentu beralasan, mengingat jenis bisnis waralaba sangat menguntungkan, khususnya bagi pemilik merek, kenapa pemilik merek? karena sebenarnya mereka hanya menjual merek dan sistem.  Waralaba merupakan usaha yang pemasarannya berulang ulang,  tentunya bisnis yang akan dijual berulang-ulang itu adalah bisnis yang benar-benar telah menguntungkan dengan berbagai keadaan tertentu.

Namun tidak semua waralaba menguntungkan bagi franchisor, walaupun merek induknya terbukti menguntungkan karena merk yang dijual sudah sangat dikenal , karena ada banyak faktor yang berpengaruh pada sukses dan tidaknya bisnis waralaba ini.
Namun apa itu waralaba? Dalam PP 42/2007, Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang  atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian.

Para pemilik merek akan menghasilkan keuntungan lebih dengan menjual bisnisnya tersebut  dengan sistem ini. Karena bisnis waralaba ini memungkinkan masuknya para investor luar, sehingga lebih efisien dari pada harus membuka cabang baru. Selain itu, ada pemasukan dari royalti dan fee yang diterima dari investor. Masing-masing pemilik merek bervariasi dalam menentukan besaran royalti yang harus dibayarkan. Tentu nilai rupiah nyapun menjadi tidak terbatas. Memang sangat menguntungkan bagi pemilik merek waralaba.

Namun pembeli waralaba ini tidak selalu beruntung, tak jarang para pembeli waralaba ini banyak yang tertipu dengan waralaba yang gencar ditawarkan, karena ada beberapa waralaba yang belum lama didirikan sudah gencar dipasarkan dengan sistem ini. ala hasil, baru beberapa tahun sudah tinggal nama yang tersisa. Oleh karena itu apabila anda ingin mendirikan bisnis ini anda harus sangat berhati hati agar waralaba anda dapat bertahan dan emiliki cabang cabang lain. Berhati hati lah sebelum anda memulai suatu bisnis. Kami boleh rekomendasikan salah satu contoh usaha waralaba modal kecil yaitu waralaba top tahu kress, dimana waralaba dengan sistem kaki lima ini sudah terbukti berhasil survive 5 tahun dalam sudah mempunyai ribuan outlet.

Gallery | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s